Sunday, March 20, 2016

Tugas Staf Teknik dan Klaim Asuransi PT. Mitra Utama Madani

Tugas Staf Teknik dan Klaim Asuransi PT. Mitra Utama Madani
Deskripsi pekerjaan, Tugas, dan Tanggungjawab Staf Teknik dan Klaim Asuransi PT. Mitra Utama Madani adalah sebagai berikut :
  • Membantu proses administrasi Penutupan Asuransi.
  • Melakukan monitoring penutupan asuransi baik melalui sistem maupun yang manual.
  • Follow Up Pending penutupan di Asuransi.
  • Membuat laporan pendahulan klaim (notification of claim).
  • Mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan terkait klaim asuransi.
  • Mencatat dan mendokumentasi semua klaim yang masuk.
  • Memeriksa validitas Polis Asuransi dari klaim yang masuk (premi, jangka waktu pertanggungan, jenis polis dan sebagainya) dan meneliti apakah klaim tersebut liable berdasarkan kondisi polis.
  • Memastikan klaim yang ada masih dalam batas waktu pelaporan klaim dan sesuai dengan persyaratan polis yang ada.
  • Memeriksa dan memastikan premi sudah dibayar lunas oleh Tertanggung, dan premi tersebut sudah diteruskan pembayarannya kepada Asuransi.
  • Mempelajari secara detil kasus klaim yang masuk dan bilamana perlu, melakukan survey.
  • Jika dirasa proses klaim terlalu lama dan membutuhkan penanganan ekstra, dapat melakukan kerjasama dengan pihak lain, seperti loss Adjuster, tenaga ahli, dsb.
  • Melakukan evaluasi dan negosiasi kasus klaim dengan Asuransi  dan memastikan agar Tertanggung dapat memperoleh hak-haknya secara penuh dalam hal ganti rugi (klaim) sesuai dengan  syarat  dan  kondisi  polis. 
  • Selalu  melaksanakan  pemantauan  atas  proses  klaim  dan berupaya sedapat mungkin agar penyelesaian klaim dilaksanakan secara cepat dan tepat.
  • Mem-follow up data yang dikirimkan Tertanggung ke dalam sistem.
  • Memastikan data Tertanggung telah lengkap dan sesuai dengan yang dipersyaratkan
  • Melakukan monitoring dan follow up data yang di input dalam sistem dengan baik dan benar.
  • Mem-follow up pembayaran Premi dengan bagian keuangan.